Pendahuluan Ekonomi Teknik


EKONOMI TEKNIK

            Ini merupakan sebuah rangkuman bacaan saya dari sebuah buku Ekonomi Teknik dengan penulis Ir. Mandiyo Priyo, MT dan juga dari tugas yang diberikan kepada untuk mencari tahu tentang Ekonomi Teknik. Rangkuman ini baru memuat hal dari bab I saja dengan kerendahan hati saya mohon maaf apabila ada kekurangan dan apabila rangkuman ini memiliki manfaat besar maka itu semua dari Allah SWT. Terima kasih atas kunjungannya.

PENDAHULUAN
            Ekonomi Teknik merupakan persinggungan antara Ilmu Ekonomi dan Ilmu Teknik khususnya Teknik Sipil. Ekonomi Teknik pada rekayasa pembangunan digunakan sebagai alat evaluasi dalam mengambil kebijakan dari sudut pandang ekonomi dari evaluasi sistematis dari biaya, manfaat, usulan proyek teknik. Ilmu Ekonomi adalah studi yang mempelajari bagaimana masyarakat mempergunakan sumber daya yang langka untuk memproduksi komoditas yang berharga dan mendistribusikannya diantara orang-orang yang berbeda (Grant EL, 1996). Teknik adalah profesi yang pengetahuan tentang matematika dan ilmu pengetahuan alam dari studi, pengalaman, dan praktek dipergunakan dengan bijaksana dalam mengembangkan cara-cara untuk memanfaatkan secara ekonomis, bahan-bahan dan kekuatan untuk kemanfaatan umat manusia.

EKONOMI TEKNIK DAN INDUSTRI KONSTRUKSI
            Dalam suatu pasar kompetitif, apabila suatu perusahaan dituntut untuk tetap dapat berkembang dan survive, maka setiap keputusan yang memperhitungkan setiap rupiah dalam proses rekayasanya dapat disebut sebagai keputusan yang melibatkan aspek ekonomi teknik. Dalam keputusan seperti itu secara inherent akan menyebabkan terjadinya tradeoff, diantaranya berbagai jenis biaya dan  performance yang dituntut (seperti: keselamatan, berat, keandalan, mutu kecepatan dan sebagainya).
            Dalam kenyataan setiap proyek konstruksi tidak hanya mampu diwujudkan (realizable) secara teknis, melainkan juga harus layak (feasible) secara ekonomis. Dengan demikian perlu memahami analisis ekonomi proyek merupakan suatu kajian secara ekonomi apakah suatu ide, sasaran atau rencana suatu proyek akan diwujudkan dengan porsi yang layak secara ekonomi (Newman, 1998).

STUDI KELAYAKAN PROYEK INDUSTRI
          Langkah-langkah yang perlu diperhatikan untuk menentukan rekomendasi dan pilihan keputusan terhadap suatu proyek dijabarkan menurut komponen yang saling berkaitan dan diurutkan dalam gambar 1.1.

DAFTAR PUSTAKA
Dermago, Paul E, et al, (1997), Engineering Economy, Tenth Edition,
            Prentice Hall International, Inc.
Grant EL, Dkk, (1996), Dasar-dasar Ekonomi Teknik, PT Rineka Cipta,
            Jakarta.
Kodoatie RJ, (1995), Analisis Ekonomi Teknik, Andi Offset, Yogyakarta.
Newman, Donald G, (1998), Engineering Economic Analysis, Third Edition,
            Engineering Press Inc., San Jese, California.
Pujawan, I Nyoman, (1995), Ekonomi Teknik, Guna Widya, Surabaya

Komentar

Postingan Populer